Thursday, April 4, 2013

ZhongTong Bus, Satu-Satunya Bus Gandeng Asal China Dengan Mesin Teknologi Euro 5 Yang Dipakai Oleh TransJakarta

Di Jakarta, satu-satunya transportasi umum yang menggunakan bus tunggal ataupun bus gandeng dengan bahan bakar gas adalah bus TransJakarta. Di postingan berikut ini saya akan menjelaskan salah satu bus gandeng "Made in China" yang dipakai TransJakarta

Bus gandeng adalah salah satu jenis bus yang memiliki panjang 18 meter, salah satu bus gandeng yang dipakai oleh TransJakarta adalah ZhongTong Bus.

 Bus gandeng ZhongTong versi TransJakarta (lantai tinggi dan mesin berbahan bakar gas)

Kalau dilihat, tentu saja tampilan bus ZhongTong versi TransJakarta dengan yang aslinya berbeda mulai dari posisi dashboard (aslinya tempat pengemudi ada di sisi kiri), ketinggian lantai (kalau yang asli berlantai rendah sedangkan yang dipakai TransJakarta berlantai tinggi), brand transmisinya juga berbeda (ZhongTong yang versi sebenarnya memakai transmisi dari Voith sedangkan yang dipakai TransJakarta bermerk Allison Transmission dari Amerika), khusus untuk TransJakarta...bus ZhongTong ini menggunakan mesin berbahan bakar gas dengan standar Euro 5 yang lebih ramah lingkungan yang diproduksi oleh Doosan Infracore (sebuah perusahaan pemasok mesin dari Korea) dan tentunya didalam bus ini juga dilengkapi kamera CCTV sesuai standar bus TransJakarta yang baru (CCTV ini juga bisa kita lihat di bus Koridor 5, 9, 10, dan 11).
Untuk di bus Koridor 5, yang memakai CCTV hanyalah bus bernomor JMT-065 (Komodo) karena sebenarnya pemakaian CCTV di bus JMT-065 tersebut hanya sebagai prototype untuk Koridor 11.
Kalau masalah suara mesin, ZhongTong masih kalah dengan bus gandeng Komodo yang punya PT. Bianglala Metropolitan (BMP) dan PT. Trans Mayapada Busway (TMB) karena menurut perasaan saya suara mesin bus gandeng ZhongTong ini masih terlalu berisik (pernah saya liat ada yang bilangnya begini: berisik kayak mau keluar sesuatu) sedangkan suara mesin bus gandeng Komodo milik BMP dan TMB sangat halus (menurut saya ya). Tapi selama perawatan (maintenance) bagus, tidak perlu khawatir mesinnya akan jebol atau rusak. Oh iya, bus ZhongTong ini beroperasi baru di Koridor 1 sedangkan yang untuk Koridor 8 belum ada kabar beroperasinya jadi sabar saja ya bagi penumpang Koridor 8 yang ingin mencoba bus yang satu ini.

Tampilan bus gandeng ZhongTong yang asli

Ruang kemudi bus gandeng ZhongTong milik TransJakarta

Interior bus gandeng ZhongTong milik TransJakarta (ini foto disaat belum resmi beroperasi)




No comments:

Post a Comment