Tuesday, April 2, 2013

Apa Itu Chassis ?

Kalau sebelumnya saya menjelaskan tentang Karoseri, kali ini saya akan menjelaskan apakah itu Chassis

    Mungkin banyak orang yang tidak tau dengan yang namanya Chassis (disebut Sasis dalam bahasa Indonesia), Chassis itu merupakan kerangka internal yang menjadi dasar untuk produksi suatu objek yang disatukan dengan mesin atau alat elektronik dari objek tersebut. Yang akan saya jelaskan disini adalah Chassis bus karena sesuai dengan nama blog ini yaitu All About Buses yang semua isinya menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan bus, Chassis bus adalah rangka bawah sebuah bus yang merupakan bagian utama atau terpenting dalam memproduksi sebuah unit bus. Bagian apa saja yang terpasang di chassis bus:
1. Transmisi (Untuk konversi torsi dan kecepatan dari mesin untuk menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir)
2. Mesin (Inilah bagian terpenting untuk semua kendaraan bermotor, karena berperan penting dalam penggerakan)
3. Suspensi (Ini adalah bagian yang berfungsi untuk menyerap/menerima bantingan saat kendaraan melewati jalan yang bergelombang ataupun rusak sehingga membuat penumpang merasa lebih nyaman)
4. Roda (Semua kendaraan baik bermotor ataupun tidak bermotor yang ada di darat harus memiliki bagian yang satu ini karena tanpa roda pasti kendaraan tersebut tidak bisa bergerak kemanapun arahnya)
5. Rem (Ini juga termasuk bagian yang harus ada di semua jenis kendaraan bermotor ataupun yang bukan karena fungsinya untuk menghentikan gerakan roda (kalau kita menekan atau menginjaknya secara penuh) ataupun memperlambat gerakan roda (kalau kita menekan atau menginjaknya secara sedikit-sedikit)

Produser chassis bus yang ada di Indonesia

    Adapun beberapa produser chassis bus yang ada di Indonesia, yaitu:
PT. Asian Auto International (AAI) dengan chassis bus gandengnya yang dinamakan "Komodo"
PT. Industri Kereta Api (INKA) dengan chassis bus gandengnya yang dinamakan Inobus
PT. Hino Motor Sales Indonesia
PT. Mercedes-Benz Indonesia
dan masih banyak lagi produser chassis bus yang produknya juga dipakai Indonesia

Chassis Bus Mercedes-Benz OH 1626/1830/1836
   
    Chassis dengan model seperti gambar diatas tersebut harus dipotong lalu diberi sambungan sampai panjang maksimal chassisnya 12,8 Meter oleh pabrik karoseri sebelum membuat bodi, kalau chassis seperti Hino (semua seri), Mercedes-Benz OH 1518, 1521 (mau yang tipe Euro 2 atau 3), dan 1526 sudah siap untuk diinstalasi bodinya karena tidak perlu memisah chassisnya dulu seperti MB OH 1626/1830/1836. Jadi kalau misalnya mau menambah keuntungan berarti lebih baik pakai MB OH 1626/1830/1836 karena bisa dipanjangkan hingga 12,8 Meter sedangkan chassis yang sudah siap pakai hanya 12 Meter :)

No comments:

Post a Comment